Skip to main content

Anggota Tata Surya, (nama planet, urutan planet, susunan tata surya, sistem tata surya)

Anggota Tata Surya

Bumi yang kita pijak saat ini merupakan salah satu planet dari yang ada di alam ini. Planet adalah benda langit yang tidak dapat memancarkan cahaya. Kita dapat melihat planet-planet yang lain dari bumi karena planet-planet tersebut memantulkan cahaya matahari.

Planet-planet tersebut beredar pada suatu jalurnya sendiri. Sampai saat ini planet-planet yang sudah kita ketahui dan kenal, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet-planet itu beredar mengelilingi matahari. Selain itu setiap planet memiliki satelit yang mengelilinginya. Suatu sistem yang terdiri atas planet-planet (termasuk satelitnya) yang beredar mengelilingi matahari sebagai pusat edar dinamakan tata surya. Masing-masing planet beredar pada lintasannya dalam mengelilingi matahari.

Garis edar setiap planet mengelilingi matahari disebut orbit. Mengapa planet-planet tersebut dapat beredar pada orbit atau lintasan tertentu, dan tidak menyimpang atau bertabrakan? Hal ini disebabkan adanya gaya gravitasi atau gaya tarik-menarik antara planet dan matahari.
Susunan Tata Surya

Dari gambar tata surya di atas, pernahkah kamu membayangkan berapa jarak planet-planet tersebut terhadap matahari? Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, kini jarak planet-planet tersebut terhadap matahari dapat ditentukan.

Berikut ini tabel jarak planet-planet terhadap matahari.


Amati kembali gambar tata surya di atas. Planet-planet tersebut beredar membentuk suatu bidang yang disebut bidang edar, yaitu bidang tempat planet tersebut beredar. Bidang edar planet hampir berimpitan satu sama lainnya. Bidang edar bumi sendiri disebut eliptika.

Susunan tata surya yang kamu lihat merupakan benda-benda yang memiliki massa sangat besar. Di antara anggota tata surya, menurut kamu siapa yang memiliki massa paling besar? Matahari adalah anggota tata surya yang memiliki massa yang paling besar.

Berapakah massa matahari dan planet-planet? Massa matahari dan planet-planet didasarkan pada perbandingan massa planet dan massa bumi (massa bumi dianggap = 1). Massa bumi adalah 6,6 x 1024 kg. Perbandingan massa matahari dan planet lain terhadap bumi dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.


Oleh karena bentuk planet-planet seperti bola, maka ukuran diameter planet dijadikan sebagai tolak ukur besar kecilnya planet.

Selain matahari dan planet-planet, tata surya kita memiliki benda langit lainnya, yaitu satelit. Satelit alam merupakan anggota tata surya yang beredar mengelilingi planetnya dan bersama-sama mengelilingi matahari.

Coba kamu sebutkan satelit alam yang mengelilingi bumi! Bumi memiliki sebuah satelit, yaitu bulan. Adapun merkurius dan venus tidak memiliki satelit.

Planet-planet lain yang memiliki satelit adalah sebagai berikut.
1. Yupiter memiliki satelit enam buah,
2. Mars memiliki satelit dua buah,
3. Neptunus memiliki satelit dua buah,
4. Uranus memiliki satelit lima buah,
5. Saturnus memiliki satelit sembilan buah,

Selain bumi dan planet lainnya, ada planet-planet kecil yang mengelilingi matahari yang disebut asteroid. Asteroid sering juga disebut asteroida atau planetoida. Berdasarkan hasil penelitan yang dilakukan, planet-planet ini banyak ditemukan di daerah antara orbit planet Mars dan Yupiter.

Jumlah asteroida ini sangat banyak, diperkirakan sebanyak 40.000 sampai 50.000 buah. Apabila dikumpulkan massa total asteroid-asteroid itu mencapai 2,4 x 1021 kg sampai 3 x 1021 kg. Massa ini mendekati 1/25 massa bulan atau 1/2500 massa bumi.

Benda langit lainnya yang mengelilingi matahari adalah komet. Komet merupakan sebuah bintang yang semakin hari semakin panjang, menyerupai sebuah ekor sehingga disebut bintang berekor. Seperti planet lainnya, komet juga mengelilingi matahari dengan orbit yang lonjong.

Komet

Dari hasil pengamatan yang dilakukan sampai saat ini, komet yang melintas dekat matahari diperkirakan sampai seribu buah. Dari sekian banyak komet yang ada, hanya beberapa yang dapat dilihat dengan mata telanjang.

Ada beberapa komet yang terkenal dan mungkin kamu pernah mendengarnya. Salah satu komet yang terkenal adalah komet Halley. Komet ini melintas dekat matahari setiap 76 tahun. Diameter komet Halley kira-kira 5.000 meter. Komet terdiri atas bagian kepala dan ekor.

Kepala terdiri atas inti dan koma. Inti merupakan pusat yang paling terang, sedangkan koma merupakan bola gas dan debu yang mengelilinginya. Ekor komet berupa gas bercahaya yang akan tampak saat melintas dekat dengan matahari.

Jadi saat komet dekat dengan matahari maka ekor komet akan tampak panjang. Hal ini karena es yang terkandung dalam komet meleleh, melepaskan gas dan debu kemudian memantulkan cahaya matahari.

Pernahkah kamu mendengar adanya benda langit yang jatuh ke bumi? Benda langit yang berada di ruang angkasa bergerak mendekati bumi. Saat itu terjadi gesekan dengan atmosfer bumi sehingga menimbulkan panas. Panas yang terjadi akan menyebabkan benda langit tersebut hancur sebelum sampai ke bumi.

Pijaran cahaya tersebut terkadang dapat terlihat di malam hari. Keadaan ini memberikan kesan seperti bintang berpindah atau jatuh. Namun ada beberapa benda langit yang dapat menembus dan sampai ke bumi.

Kawah meteorit di Arizona
Kawah meteorit di Arizona

Benda-benda langit tersebut dinama-kan meteor. Meteor yang masuk ke atmosfer dan jatuh ke bumi disebut meteorit. Benda-benda tersebut berupa batu-batuan yang sangat keras. Salah satu meteorit yang jatuh ke bumi dan berukuran besar terdapat di Arizona, Amerika Serikat. Meteorit ini membentuk kawah bergaris tengah 1,3 km dengan kedalaman 175 m.

Comments

Popular posts from this blog

Definisi, Langkah langkah Kristalisasi

Definisi dan Langkah langkah Kristalisasi Pemisahan dengan teknik kristalisasi didasari atas pelepasan pelarut dari zat terlarutnya dalam sebuah campuran homogeen atau larutan, sehingga terbentuk kristal dari zat terlarutnya. Definis Krisatalisasi Proses ini adalah salah satu teknik pemisahan padat‐cair yang sangat penting dalam industri, karena dapat menghasilkan kemurnian produk hingga 100%. Kristal dapat terbentuk karena suatu larutan dalam keadaan atau kondisi lewat jenuh (supersaturated). Kondisi tersebut terjadinya karena pelarut sudah tidak mampu melarutkan zat terlarutnya, atau jumlah zat terlarut sudah melebihi kapasitas pelarut. Sehingga kita dapat memaksa agar kristal dapat terbentuk dengan cara mengurangi jumlah pelarutnya, sehingga kondisi lewat jenuh dapat dicapai. Proses pengurangan pelarut dapat dilakukan dengan empat cara yaitu, penguapan, pendinginan, penambahan senyawa lain dan reaksi kimia. Pemisahan denga pembentukan kristal melalui proses peng

Mengenal Prinsip Mesin Konversi Energi, (konversi energi, pengertian konversi energi, mesin konversi energi, mesin boiler, boiler adalah, energi listrik,pengertian energi, macam macam energi, konversi adalah)

Mengenal Prinsip Mesin Konversi Energi 1. Proses Mesin Konversi Energi Ilmu termodinamika adalah ilmu yang mempelajari hubungan panas dengan kerja. Dua besaran tersebut sangat penting untuk dipahami karakteristiknya untuk pemahaman dasar keteknikan. Jadi jelas pengetahuan dasar termodinamika sangat penting, karena dipakai untuk menganalisis kondisi operasi berbagai alat atau mesin yang berhubungan dengan panas dan kerja. 2. Ciri-Ciri Mesin Konversi Energi Untuk menganalisis mesin-mesin panas atau mesin-mesin fluida, mesin-mesin tersebut disebut dengan benda kerja. Fluida atau zat alir yang dipakai pada benda kerja disebut dengan fluida kerja. Sebagai contoh untuk pompa sebagai benda kerja, fluida kerjanya adalah zat cair (air, oli ), sedangkan kompresor, fluida kerjanya adalah udara. Untuk membedakan benda kerja dengan lingkungan sekitarnya, benda kerja sering disebut dengan sistem, yaitu setiap bagian tertentu, yang volume dan batasnya tidak perlu tetap, dimana perpindahan

Mengenal Benua, Negara, dan Asia, serta keadaan alam, penduduk, dan sistem pemerintahannya

Termasuk materi yang penting dan mendasar untuk mengenal Benua, Negara, Asia, dan Eropa serta keadaan alam, penduduk, dan sistem pemerintahannya sehingga dapat menambah wawasan serta dapat besikap dengan bijaksana.